Hello Traveller Petualang kehidupan. Jangan sampai beratnya cobaan hidup menjadikan lupa bersyukur. Mari bersenang-senang menikmati hidup agar tidak kufur.

10+ Oleh-oleh Khas Malang Paling Laris dan Murah

5 min read

Oleh-oleh Malang

Anda yang sedang berwisata ke Malang, belum lengkap rasanya jika pulang tidak membawa oleh-oleh khas Malang. Ada banyak sekali ragam oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk buah tangan keluarga atau kerabat di rumah.

Ada oleh-oleh makanan atau selain makanan yang bisa anda bawa pulang dari Kota Malang. Mau tahu apa saja oleh-oleh khas kota wisata ini? berikut adalah daftarnya:

1. Oleh-oleh Khas Malang #1 Keripik Buah

Oleh-oleh Malang Keripik Buah

Keripik memang umumnya terkenal dengan keripik tempe atau kentang. Keripik selalu identik dengan hal-hal yang berbau gurih.

Tapi bagaimana jika buah apel dijadikan keripik?

Ya, hanya di Malang, Anda bisa menemukan keripik Apel dan buah-buahan lainnya yang terkenal.

Buah di kota Batu, Malang ini diolah menjadi sebuah keripik yang enak dan berbeda dengan keripik lainnya.

Selain buah apel, adapula pilihan jenis buah lainnya seperti nangka, kelengkeng, salak dan semangka yang diolah menjadi sebuah keripik yang anti mainstream.

Apalagi buah-buah yang dijadikan keripik ini merupakan hasil budidaya masyarakat Malang sendiri.

Ya, oleh-oleh khas Malang berupa keripik hasil karya masyakarat setempat yang bisa Anda beli sekitar Rp.20.000-Rp.30.000 per kemasannya.

2. Oleh-oleh Khas Malang #2 Keripik Tempe

Keripik Tempe

Tempe adalah lauk yang sangat cocok untuk menemani makan siang. Rasanya yang renyah dan gurih akan menyatu di lidah Anda ketika dimakan bersamaan dengan sayur.

Nah, keripik tempe khas Malang ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai pusat oleh-oleh Malang.

Jika Anda lebih tertarik belanja ke pusatnya, maka Anda bisa datang mengunjungi Kampung Sanan, Kec. Belimbing, Malang.

Di kampung ini Anda bisa melihat aktivitas warganya yang membuat keripik tempe. Di kampung inipula Anda bisa memlih sendiri rasa keripik tempe yang ingin Anda beli.

Tersedia beberapa macam rasa yang ditawarkan mulai pedas manis, asin gurih, barbeque, balado, keju, jagung manis, rumput laut, hingga pizza.

Satu kemasan keripik tempe dibanderol dengan harga Rp.15.000-Rp.25.000.

3. Oleh-oleh Khas Malang #3 Coklat Tempe

Oleh-oleh Khas Malang Cokelat Tempe

Bagaimana rasanya makan cokelat dari bahan utama tempe? Pasti Anda bingung dan tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya ya?

Cokelat tempe adalah oleh-oleh khas Malang yang menarik perhatian para wisatawan yang datang ke Malang karena penasaran bagaimana rasanya.

Jika umumnya tempe diolah menjadi keripik sebagai oleh-oleh maka tempe yang diolah menjadi cokelat inilah yang mengundang rasa penasaran para wisatawan untuk mencobanya.

Cokelat tempe ini ternyata memiliki rasa yang sangat unik dan begitu digigit langsung lumer di mulut Anda. Jadi penasaran bagaimana rasa yang ditawarkan oleh cokelat tempe ini?

Datang saja langsung ke tokonya yang bernama Cokelat Tempe Dekonco yang terletak di Jl. Soekarno Hatta No.83B, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

4. Oleh-oleh Khas Malang #4 Keripik Telo

Keripik Telo

Oleh-oleh khas Malang selanjutnya yang tidak kalah enaknya adalah keripik telo. Telo sendiri dalam bahasa Indonesianya adalah ubi.

Ubi yang banyak dijadikan keripik dan dijual adalah jenis ubi ungu. Keripik ubi di Malang memiliki rasa yang manis dan renyah.

Anda tidak akan merasa bosan mengunyah camilan manis satu ini.

Untuk varian rasa dari keripik telo sendiri masih terbilang minim dan masih tersedia satu varian rasa saja yakni manis.

Nah, untuk bisa membawa pulang makanan satu ini, Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp.15-00.Rp. 20.000 per kemasannya.

5. Oleh-oleh Khas Malang #5 Bakpao Telo

Bakpao Telo

Jika tadi sudah membahas ubi atau telo yang dibuat menjadi keripik, bagaimana jika ubi diolah menjadi sebuah bakpao?

Anda harus mencoba untuk membawa pulang bakpao isi telo yang yang sangat terkenal ini.

Makanan satu ini sangat populer di Malang dan bakpao isi telo ini hanya bisa Anda dapatkan di pusat oleh-oleh Malang yang bernama Republik Telo.

Di Republik Telo ini Anda bisa mencoba bakpaonya sebelum mantap membawa pulang perkotaknya.

Harga yang dibanderol untuk setiap satu buah bakpaonya sendiri sangatlah murah yakni Rp.5000 perbuah.

Di pusat oleh-oleh ini juga disediakan fasilitas free Wifi dan tempatnya juga terbilang nyaman. Penasaran? Datang saja ke Republik Telo yang berada di Jalan Raya Purwodadi No. 1 Lawang.

6. Oleh-oleh Khas Malang #6 Pia

Oleh-oleh Khas Malang Pia Mangkok

Pia adalah kue pie yang manis dan lumer jika dikunyah. Salah satu kue pia yang terkenal di Malang dan sering diburu untuk oleh-oleh adalah Pia Cap Mangkok.

Pia satu ini memang selalu menjadi buruan oleh banyak wisatawan yang datang ke Malang karena sudah ada sejak lama.

Ya, Pia Cap Mangkok ini sudah sangat legendaris karena telah ada sejak tahun 1959.

Ada banyak pilihan varian rasa yang ditawarkan oleh Pia Cap Mangkok ini yakni rasa kacang hijau. cokelat, keju, durian, green tea dan tangkwe.

Untuk bisa membawa pulang satu kemasan Pia Cap Mangkok Anda perlu menyiapkan biaya sekitar Rp.40.000-Rp.60.000.

Anda bisa datang langsung ke gerai Pia Cap Mangkok yang ada di Ruko Grand, Jl. Soekarno Hatta No.Kav. 16-17, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

7. Oleh-oleh Khas Malang #7 Ledre Pisang

Ledre Pisang Khas Malang

Anda pernah memakan crepes? Mungkin oleh-oleh khas Malang satu ini hampir sama bentuknya dengan crepes namun tentu saja rasanya sedikit berbeda.

Camilan yang bisa Anda pulang sebagai buah tangan ini bernama Ledre pisang dan menjadi buah tangan khas Malang yang banyak diburu oleh wisatawan.

Ledre pisang memang memiliki bentuk yang sama dengan crepes namun jauh lebih kering dan tentu saja bisa tahan lama.

Ledre pisang ini bisa Anda temukan di berbagai pusat oleh-oleh kota Malang.

Tapi bagi Anda yang ingin datang langsung ke tempatnya sambil melihat proses produksinya, Anda bisa datang ke Ledre Pisang Bangka.

Anda bisa menemukan Ledre Pisang Bangka yang enak di Jl. Bangka No.20-22, Kasin, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Harga yang dibanderol untuk satu kotak Ledre Pisang Bangka adalah sekitar Rp 42.000 – Rp.55.00 saja.

8. Oleh-oleh Khas Malang #8 Malang Strudel

Malang Strudel Malang

Malang Strudel adalah kue strudel yang dimiliki oleh seorang artis bernama Teuku Wisnu. Strudel milik Teuku Wisnu ini adalah oleh-oleh yang cukup kekinian dan begitu populer.

Ada banyak varian rasa yang ditawarkan oleh Malang Strudel mulai dari apel, strawberry, nanas, mixfruit, peach cheese, greentea, red velvet dan lain sebagainya.

Satu kotak Malang Strudel sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp.48.000 – Rp. 60.000 tergantung pada varian rasa yang Anda pilih.

Total ada 4 gerai Malang Strudel yang bisa Anda kunjungi sekaligus berwisata kuliner di Malang, yakni di :

  1. Jl. Soekarno Hatta Blok D No.408, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang
  2. Jl. Raya Tlogomas No.49A, Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang
  3. Istana, Ruko, Jl. W.R. Supratman No.24, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang
  4. Jl. Semeru No.47, Oro-oro Dowo, Klojen, Kauman, Klojen, Kota Malang.

9. Oleh-oleh Khas Malang #9 Makobu Cake

Makobu Cake

Tidak kalah menariknya untuk dibawa pulang, adapula kue miliki artis bernama Krisdayanti yang memiliki menu oleh-oleh berupa cake dan pastry yang kekinian.

Cake yang berbentuk castella yang dirintis oleh Krisdayanti ini diberi nama Makobu yang merupakan kepanjangan dari Malang Kota Bunga.

Castella adalah cake yang hampir mirip dengan bolu.

Cake Makobu sendiri memiliki enam varian rasa yang sangat khas ala Makobu yakni keju, chocolate, cappucino, banana crunchy, blueberry, dan apple.

Untuk bisa membawa pulang satu kotak Makobu, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 59.000 – Rp. 69.000 tergantung dengan varian rasanya.

Sudah penasaran ingin mencoba Makobu Cake? Datang saja ke Jl Besar Ijen no. 82, Klojen, Malang.

10. Oleh-oleh Khas Malang #10 Asix Cake

Asix Cake

Keluarga Hermansyah memang dikenal memiliki usaha bisnis yang beragam mulai dari oleh-oleh, restoran dan tempat makan.

Salah satu cabang bisnisnya di Malang adalah ASIX oleh-oleh. ASIX oleh-oleh adalah kue dengan olahan pastry yang memiliki varian rasa yang cukup unik dan menarik.

Cake ini sangat populer dan diminati oleh banyak wisatawan yang datang. Uniknya, varian rasa tersebut diberi nama dengan anggota keluarga Hermansyah.

Ada 6 varan rasa yang bisa Anda pilih mulai dari chocolava, hazelline, cheese melt, rainberry velvet, charchoal, dan greentea.

Untuk bisa membawa pulang satu kotak ASIX Oleh Oleh Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 57.000.

Anda penasaran dengan rasa kue dengan olahan pastry ala ASIX Oleh Oleh? Datang saja ke Jl. Guntur No.8, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

11. Oleh-oleh Khas Malang #11 Kaos Malang

Oleh-oleh Malang Selain Makanan

Salah satu oleh-oleh khas Malang selain makanan dan bisa dikenang adalah kaos. Anda yang ingin mencari kaos khas kota Malang, Anda bisa mencarinya di Goedang Oleh Oleh.

Ada banyak variasi kaos, topi, gantungan kunci dan suvenir khas Malang lainnya. Di tempat ini pula Anda juga dapat menemukan suvernier berupa batik Malang dan juga sandal.

Ya, Goedang Oleh Oleh adalah pusat perbelanjaan besar di Malang yang bisa dikatakan memiliki segala souvenir yang Anda butuhkan. Harganya juga cukup terjangkau.

Anda yang mencari kaos, sandal, batik, gantungan kunci maupun topi datang saja ke Goedang Oleh Oleh yang terletak di Jl. Simpang Tenaga II no. 12, Malang, Jawa Timur, Indonesia.

12. Oleh-oleh Khas Malang #12 Batik Malang

batik tugu malang

Selain kaos bertuliskan Malang, Anda juga bisa membawa pulang batik khas Malang. Anda bisa mencari batik yang sangat berkualitas di Nyonya Wang Kebaya dan Batik.

Di toko ini Anda akan menemukan batik dengan konsep yang sangat artistik. Batik yang ada di butik Nyonya Wang ini berbeda dengan batik pada umumnya.

Jika kebanyakan batik identik dengan ukiran batik Jawa yang tradisional dengan model yang selalu itu-itu saja, maka di Nyonya Wang Kebaya dan Batik Anda akan melihat batik dengan model desain yang. jauh lebih modern, minimalis, namun mewah.

Berbelanja dan berjalan-jalan di toko ini tidak akan membosankan karena toko ini didesain dengan konsep seperti sebuah rumah.

Semua pakaian diatur dengan baik sehingga memungkinkan Anda untuk melihat pilihan batiknya.

Ya, Nyonya Wang Kebaya dan Batik adalah salah satu toko pakaian terbaik di Malang karena ada banyak desain yang unik dan khusus dengan harga yang bermacam-macam tergantung dari bahan kainnya.

Penasaran? Datang saja ke Jln. Puncak Dieng 1/23, Malang.

Hello Traveller Petualang kehidupan. Jangan sampai beratnya cobaan hidup menjadikan lupa bersyukur. Mari bersenang-senang menikmati hidup agar tidak kufur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *